RSS

Menuntut Ilmu Menurut ISLAM

17 Jul

Bapak/Ibu Guru Yang Terhormat Teman-Teman yang sama Berbahagia

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ … فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT karena  Atas karunianyalah kita dapat berkumpul ditempat yang penuh dengan cahaya ilmu pengetahuan.

Serta tidak lupa kita panjatkan shalawat serta salami la habibina Muhammad SAW yang telah membimbing kita sehingga kita dapat beranjak dari zaman jahiliah ke zaman pengetahuan seperti saat ini.
Dan yang terakhir saya berterima kasih kepada moderator yang telah memberikan saya kesempatan untuk berceramah sepatah dua patah kata yang berjudul
PENTINGNYA ILMU PENGETEHUAN DALAM ISLAM
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah
Berbicara mengenai ajaran islam mengenai pendidikan marilah kita memperhatikan Firman Allah dalam surat Al-Mujadilah ; 11 yang berbunyi :
Artinya  : “Allah akan meninggikan derajat  orang-orang yang beriman dan berilmu sebanyak beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yag kamu kerjakan.
(Q.S. Al-Mujadilah : 11)
Dari ayat tersebut dapat kita simpulkan bahwa :
1.      Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman, yang tentunya bukan hanya iman dalam hati tapi juga iman dalam perbuatan. Sebab dalam Al-Quran,  Iman dan amal sholeh adalah ayat muqoronah atau dua ayat yang bersamaan. Artinya seakan-akan iman tanpa amal shaleh tidak sah, Begitu juga sebaliknya. Dalam arti ada orang yang berbuat baik tetapi ia  bukan orang mukmin maka nanti perbuatan baiknya ituridak akan diterima disisi Allah SWT  dan bagaikan debu yang ditebarkan kedalam tanah (Haba’an Mantsura)
2.      Mengangkat derajat orang yang berilmu. Misalnya saja hingga saat ini kita masih mengenang Al-Ghazali, Ibnu Shina, dan Ilmuan islam lainnya.
Dari 2 kesimpulan tadi dapat kita ambil suatu hikmah atau pelajaran bahwa betapa penting islam menuntut kita dalam menuntut ilmu.
Saudara-Saudara dan Seperjuangan dalam menuntut ilmu.
Manusia tidak pernah lepas dari kewajiban menuntut ilmu pengetahuan, sejak manusia, akhir sampai memasusi liang lahat sehingga pentingnya menuntut ilmu dibuktikan oleh perkataan. Nabi SAW bersabda :
“Utlubul ‘ilmi minal mahdi ilal lahdi”
Artinya : Tuntutlah Ilmu dari Buaian hingga liang lahat.
Dan karena Pentingnya Ilmu dalam islam maka ada pepatah islam yang mengatakan
“Uthlubil ilma wa law bissyina” tuntutlah ilmu walau harus kenegri cina.
Saat ini sudah sangat jarang orang yang ikhlas dan bersungguh-sungguh dalam mengajar suatu ilmu pengetahuan. Tidakkah kita prihatin atas hal tersebut?…!!!. Seharusnya kita memberikan penghargaan dan mencontohi tokoh-tokoh seperti Ki Hajar Dewantoro dan berbagai tokoh pendidikan lainnya yang telah senantiasa menyebarluaskan dan berbagi ilmu kepada orang-orang disekitarnya. Yang dimana usaha tersebut bermanfaat bagi dirinya dan juga bagi orang-orang disekitarnya. Hal seperti itu sangat mulia disisi Allah.  sesuai dengan Sabda Rasulullah yang memberikan pahala kepada orang yang member petunjuk tentang kebajikan sesuai orang yang yang melakuan kebajikan tersebut. Hadist tersebut artinya : Barang Siapa yang memberikan petuntuk atas kebaikan maka dia dapat pahala seperti orang yang melakukan kebaikan itu. (muslim).
Teman-teman yang saya banggakan.
Sehubungan dengan saat ini kita telah berada di tempat yang secara hakiki adalah tempat menuntut ilmu. Marilah kita bersungguh-sungguh dalam menggali ilmu yang ada didalamnya. Agar kita dapat menjadi generasi penerus yang dapat menbagun bangsa kita kearah yang jauh lebih baik daripada saat ini. Setidaknya ilmu dapat membantu dalam menerangi setiap kehidupan, baik dunia ataupun kehidupan Akhirat kelak. Sesuai sabda rasulullah yang Artinya : “Barang siapa yang menghendaki Kehidupan dunia, maka ia harus memiliki ilmu, Barang siapa yang menhendaki  kehidupan di Akhirat, maka ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki keduanya maka ia harus memiliki ilmu.
Saudara-saudariku yang seagama.
Mudah-mudahan Allah SWT memberikan petunjuk dan inayahnya kepada kita semua agar kita dapat melaksanakan amanah menuntut ilmu yang diberikan-Nya kepada kita. Sehingga, kita dapat melanjutkan perjuangan Menyiarkan Ilmu pengetahuan kepada Setiap orang. Dan mudah-mudahan kita adalah orang yang diberikan petunjuk. Amin, amin ya rabbal Alamin.

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 17, 2013 in bayuhendrapost

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: